NORMA TES TEKNIK DASAR BOLA VOLI
Berikut adalah alat tes teknik dasar bola voli yang
dapat digunakan untuk mengukur kemampuan atlet junior putra dan putri usia 14 -
17 tahun.
1.
Passing Bawah
a)
Tujuan Untuk mengukur keterampilan dalam melakukan pass bawah selama 60
detik.
b)
Alat dan perlengkapan: Tiang berukuran 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk
putri dan Bolavoli, Stopwatch, lapangan dengan bentuk segi empat sama
sisi dengan ukuran 4,5 x 4,5 m.
c)
Bangku/box yang bisa diatur tinggi rendahnya agar petugas tes yangberdiri di
atasnya, pandangannya segaris (horizontal) dengan tinggi net.
d)
Petugas tes
Petugas tes
terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes
I:
(1)
Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2)
Menghitung waktu selama 60 detik.
(3)
Memberi aba-aba.
(4)
Mengamati kaki peserta tes jika keluar arena.
Petugas tes
II:
(1)
Berdiri di atas bangku/box.
(2)
Menghitung pass bawah yang benar.
e)
Pelaksanaan
(1)
Peserta tes berdiri di tengah area ukuran 4,5 x 4,5 m.
(2)
Untuk memulai tes, bola dilambungkan sendiri oleh peserta tes, setelah
mendengar aba-aba “Ya”
(3)
Setelah bola dilambungkan, peserta tes melakukan
passing bawah dengan ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
passing bawah dengan ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(4) Bila
peserta tes gagal melakukan pass bawah dan bola keluar area, maka
peserta tes segera mengambil bola tersebut dan melanjutkan pass bawah
kembali.
(5) Bila
kedua kaki peserta tes berada di luar area, maka petugas tes I memerintahkan
agar peserta tes segera kembali ke area, dan bola yang terpantul sewaktu kedua
kaki berada di luar area tidak dihitung.
Gambar
Pelaksanaan Tes Passing Bawah
f) Pencatatan Hasil
Pass bawah yang dianggap benar dan
dihitung adalah bila bola mencapai ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan
2,15 untuk putri dan dilakukan di dalam area selama 60 detik. Penilaian hasil passing
bawah dilakukan dengan berpedoman seperti apda tabel dibawah ini:
Tabel
Penilaian Tes Passing Bawah
|
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
|
>47
|
> 45
|
5
|
|
40 - 46
|
37 - 44
|
4
|
|
27 - 39
|
21- 36
|
3
|
|
17 - 26
|
13 -20
|
2
|
|
< 16
|
<12 span="">
|
1
|
2. Passing Atas
a) Tujuan
Untuk
mengukur keterampilan dalam melakukan pass atas selama 60 detik.
b) Alat dan perlengkapan
(1)
Tiang berukuran 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(2)
Pita berukuran panjang 10 meter dan lebar 30 cm (tidak tembus pandang).
(3) Stopwacth.
(4)
Lapangan dengan bentuk segi empat dengan ukuran 4,5 x 4,5 m.
(5)
Bangku/box yang bisa diatur tinggi rendahnya agar petugas tes yang berdiri di
atasnya, pandangannya segaris (horizontal) dengan tinggi net.
c) Petugas tes
Petugas tes
terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas I:
(1)
Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2)
Menghitung waktu selama 60 detik.
(3)
Memberi aba-aba.
(4)
Mengamati kaki peserta tes jika keluar area.
Petugas tes
II:
(1)
Berdiri di atas bangku/box.
(2)
Menghitung pass atas yang benar.
d) Pelaksanaan tes
(1)
Peserta tes berdiri di tengah area ukuran 4,5 x 4,5 m.
(2)
Untuk memulai tes, bola dilambungkan sendiri oleh peserta tes, setelah
mendengar aba-aba “Ya”.
(3)
Setelah bola dilambungkan, peserta tes melakukan passing atas dengan
ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(4)
Bila peserta tes gagal melakukan passing atas dan bola keluar area,
peserta tes segera mengambil bola tersebut dan melanjutkan passing atas
kembali.
(5)
Bila kedua kaki peserta tes berada di luar area, maka petugas tes I
memerintahkan agar peserta tes segera kembali ke area, dan bola yang terpantul
kedua kaki berada di luar tidak dihitung.
Gambar
Pelaksanaan Tes Passing Atas
e) Pencatatan hasil
Passing atas yang dianggap benar dan
dihitung adalah bila bola mencapai ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan
2,15 m untuk putri dan dilakukan di dalam area selama 60 detik. Penilaian hasil
passing atas dilakukan dengan berpedoman seperti apda tabel dibawah ini:
Tabel
Penilaian Tes Passing Atas
|
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
|
> 56
|
> 54
|
5
|
|
43 -55
|
37 - 53
|
4
|
|
31 - 42
|
20 - 36
|
3
|
|
20 - 30
|
10 - 19
|
2
|
|
< 19
|
< 9
|
1
|
3. Servis Bawah
Tes servis bahwa bertujuan untuk
mengukur keterampilan dalam melakukan servis bawah. Alat dan perlengkapan berupa lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dibuat
garis-garis yang membatasi sasaran nilai. Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 untuk putrid dan
bolavoli. Petugas tes terdiri dari 2 orang dimana Petugas tes I bertugas berdiri bebas
di dekat area peserta tes dan mengawasi pelaksanaan tes. Sedangkan Petugas tes II bertugas untuk berdiri tidak jauh dari area sasaran dan menghitung dan mencatat hasil tes.
Gambar Pelaksanaan Tes Servise Bawah
Pelaksanaan tes dilakukan
dengan langkah-langkah (1) peserta tes
bediri di daerah servis dan melakukan servis bawah sebanyak 6 kali, (2) Peserta dianjurkan untuk mengarahkan bola pada area sasaran nilai
tertinggi. Pencatatan
hasil yaitu nilai diberikan kepada pelaksanaan
servis bawah yang benar. Besarnya nilai sesuai dengan jatuhnya bola pada sasaran angka 1, 2, 3, 4,
dan 5. Bila bola yang jatuh digaris batas akan diberikan nilai pada sasaran
yang lebih tinggi, misalnya antara angka 2 dan 3, maka dihitung dengan nilai 3.
Penilaian hasil servis bawah
dilakukan dengan berpedoman seperti pada tabel dibawah ini:
Tabel Penilaian Tes Servis bawah
|
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
|
>25
|
>24
|
5
|
|
21-24
|
19-23
|
4
|
|
15-20
|
10-18
|
3
|
|
10-14
|
5-9
|
2
|
|
<9 o:p="">9>
|
<4 o:p="">4>
1
4. Service Atas
a)
Tujuan
Untuk
mengukur keterampilan dalam melakukan servis atas.
b)
Alat dan perlengkapan
(1)
Lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dibuat
garis-garis yang membatasi sasaran nilai.
(2)
Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(3)
Bolavoli.
c)
Petugas tes
Petugas
terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes
I:
(1)
Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2)
Mengawasi pelaksanaan tes.
Petugas tes
II:
(1)
Berdiri tidak jauh dari area sasaran.
(2)
Menghitung dan mencatat hasil tes.
d) Pelaksanaan tes
(1)
Peserta berdiri di daerah servis dan melakukan servis atas sebanyak 6 kali.
(2)
Peserta dianjurkan untuk mengarahkan bola pada area sasaran nilai tertinggi
Gambar
Pelaksanaan Tes Servis Atas
e) Pencatatan hasil
(1)
Nilai diberikan kepada pelaksanaan servis atas yang benar.
(2)
Besarnya nilai sesuai dengan jatuhnya bola pada sasaran angka 1, 2, 3, 4, dan
5.
(3)
Bila bola yang jatuh di garis batas akan diberikan nilai pada sasaran yang
lebih tinggi, misalnya antara angka 2 dan 3, maka dihitung dengan nilai 3. Penilaian
hasil servis atas dilakukan dengan berpedoman seperti pada tabel dibawah ini:
Tabel
Penilaian Tes Servis Atas
|
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
|
> 27
|
> 23
|
5
|
|
21 -26
|
18 -22
|
4
|
|
15 - 20
|
11 - 17
|
3
|
|
8 - 14
|
7 - 10
|
2
|
|
< 7
|
< 6
|
1
|
5. Smash
a)
Tujuan
Untuk
mengukur keterampilan melakukan smash.
b)
Alat dan perlengkapan
(1)
Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(2)
Bolavoli.
(3)
Lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dan dibuat
garis-garis yang membatasi sasaran nilai.
c)
Petugas tes
Petugas tes
terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes
I:
(1)
Berdiri di dekat net di area peserta tes.
(2)
Sebagai pengumpan.
Petugas tes
II:
(1)
Berdiri tidak jauh dari area sasaran.
(2)
Menghitung dan mencatat hasil tes.
d)
Pelaksanaan tes
(1)
Peserta tes berdiri di garis serang, pengumpan berdiri di tengah dekat net dan
melambungkan bola untuk dismash peserta tes.
(2)
Pada saat bersamaan peserta tes melakukan smash sambil melompat dan
mengarah pada sasaran yang paling tinggi.
(3)
Melakukan smash sebanyak 6 kali.
(4)
Apabila bola lambung tidak sempurna maka dapat diulang kembali.
Gambar
Pelaksanaan Tes Smash
e)
Pencatatan hasil
Hasil yang dicatat berasarkan jatuhnya bola pada
setiap sasaran dengan benar sebanyak 6 kali.
Tabel
Penilaian Tes Smash
|
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
|
> 22
|
> 21
|
5
|
|
18 - 21
|
16 - 20
|
4
|
|
12 - 17
|
10 - 15
|
3
|
|
8 - 11
|
7 - 9
|
2
|
|
< 7
|
< 6
|
1
|
Kategori Tingkat Kemampuan Teknik Dasar
|
No
|
Nilai
|
Klasifikasi/Kategori
|
|
|
Putra
|
Putri
|
||
|
1
|
22-25
|
22-25
|
Baik Sekali
|
|
2
|
19-21
|
19-21
|
Baik
|
|
3
|
14-18
|
12-18
|
Sedang
|
|
4
|
9-13
|
9-11
|
Kurang
|
|
5
|
5-8
|
5-8
|
Kurang Sekali
|




